Kategori
Spiritual

Tradisi Unik Umat Tionghua, Mana yang Masih Kamu Lakuin?

Tradisi Unik Umat Tionghua

Tradisi Unik Umat Tionghua – Apa kamu juga disuruh mengikuti tradisi ini dan itu yang sebenarnya kamu juga kurang mengerti kenapa? Coba kita cek tradisi-tradisi unik orang Tionghoa di bawah ini, dan mana saja yang masih kamu lakukan?

Baca juga : Dikabarkan Wafat, Kebaikan Mamah Dedeh Yang Luput dari Sorotan

Warna Merah

Tak hanya baju baru, biasanya kita akan disuruh membeli yang warna merah. Kenapa? Warna merah dipercayai dapat mengusir roh jahat dan nasib buruk. Jadi tidak hanya baju, hiasan ruangan dan benda-benda lain juga berwarna merah biasanya. Dan baju baru itu menandakan dimulainya tahun yang baru juga.

Bersih Rumah Selebum Imlek

Kita juga dinasihati untuk tidak menyapu rumah saat Imlek, katanya berkat akan keluar jika live22 deposit ovo dilakukan. Benar atau tidaknya, kita tidak tahu. Tapi mungkin ini adalah nasihat yang baik, karena dengan begitu, kita jadi lebih rajin untuk bersih-bersih sebelum acaranya – dan bukan saat acaranya akan berlangsung – karena ngaku aja deh, kita malas bersih-bersih.

Kembang Api dan Petasan

Kalian pernah lihat hiasan ini dipajang saat imlek? Mungkin kalian tidak tahu artinya, tapi ini adalah petasan khas Tiongkok. Petasan dan kembang api dipercaya dapat membuat takut roh-roh jahat, jadi itulah alasannya mereka dipajang dan dinyalakan saat tahun baru.

Mengepalkan Tangan Saat Mengucapkan Selamat Tahun Baru

Ini adalah sapaan hormat yang kita lakukan kepada orang yang lebih tua saat mengucapkan selamat tahun baru ketika Imlek. Cukup kepalkan tanganmu dengan satu tangan diluarnya. Kemudian kamu bisa bilang ‘gong xi fa cai’!

Tidak Boleh Pakai Baju Hitam

Zaman sekarang ini, nggak semua orang memilih baju warna merah saat Imlek. Itu tidak apa kok, asal jangan memakai warna hitam. Baju warna hitam terkesan gelap, sedih dan membawa nasib buruk (karena umumnya dipakai saat kematian seseorang). Tidak baik rasanya, memulai tahun baru dengan suasana demikian.

Yang Sudah Menikah Akan Menyiapkan Angpao

Ang pao, hong pao, atau apapun sebutanya, amplop merah berisi uang ini adalah kegemaran banyak orang dalam acara Imlek. Biasanya, mereka yang sudah menikah harus menyiapkan ang pao tersebut bagi orang-orang yang belum menikah, agar mereka dapat diberkati juga.

Itulah tradisi-tradisi unik orang Tionghoa dalam merayakan Imlek. Ada yang memang masuk akal, tapi ada juga yang tidak, bukan? Mana saja yang masih berlaku di rumahmu?

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *