Kategori
Society

TNI-Polri Bersih Sampah Sungai Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

TNI-Polri Bersih Sampah Sungai Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

TNI-Polri Bersih Sampah Sungai Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan – Mengajak masyarakat peduli lingkungan, TNI-Polri bersih-bersih sungai. Sasaran yang menjadi fokus kegiatan ini adalah Sungai Bedadung, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates.

“Ada sekitar 200 personel yang kita kerahkan dalam kegiatan ini. Selain dari personel TNI dan Polri, juga ada dari Satpol PP dan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Jember. Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian peringatan HUT TNI ke-72,” kata Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. Rudianto.

Menurut Rudianto, kegiatan itu merupakan langkah konkret memotivasi masyarakat peduli akan kebersihan. Apalagi persoalan sampah di Jember menjadi salah satu fokus pemerintah kabupaten Jember.

“Ini salah satu bentuk partisipasi TNI, untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan. Namun begitu, ini bukan berarti langkah yang akan merubah secara drastis. Ini hanya sebuah awal untuk langkah-langkah Download IDN Poker berikutnya,” kata Rudianto.

Dalam kurun waktu 2 jam, tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang sungai Bedadung berhasil dikumpulkan. Selanjutnya, tumpukan sampah itu diangkut kendaraan untuk dibawa Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Jumlahnya cukup banyak, tapi rinciannya beratnya berapa saya belum dapat datanya. Yang jelas, dengan banyaknya tumpukan sampah yang terkumpul, ini menunjukkan persoalan sampah harus menjadi perhatian serius,” kata Rudianto.

Oleh karena itu, Rudianto mendesak agar Pemkab Jember segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang melarang warga untuk membuang sampah sembarangan. Selain itu, mendorong Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup membuat tempat sampah sebanyak-banyaknya.

“Sehingga saat kita melarang orang buang sampah sembarangan, sudah ada solusinya, ada tempat (sampah)-nya. Lha kalau saya melarang jangan buang sampah tapi tempatnya tidak ada, kan gimana,” tandas Rudianto.

Dia menegaskan, pihaknya siap membantu Pemkab Jember untuk membuat tempat sampah di sepanjang tepi jalan di Jember. “Utamanya di Jembatan-jembatan. Agar warga tidak lagi membuang sampah ke sungai,” tandas Rudianto.

Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menegaskan, pihaknya sangat mendukung kegiatan TNI melakukan bersih-bersih sungai. Oleh karena itu, pihaknya menerjunkan sejumlah personel untuk bergabung. Bahkan Kusworo juga ikut terjun langsung mengumpulkan sampah di sungai Bedadung.

“Kami dukung kegiatan ini karena TNI-Polri satu visi dalam rangka peduli terhadap lingkungan. Kita akan terus bahu membahu untuk menciptakan kondisi Jember yang bersih dan bebas sampah,” tandasnya.

Dia berharap, ke depan kegiatan ini bisa dilakukan secara kontinyu dengan melibatkan personel yang lebih banyak. “Kita libatkan masyarakat dan stakeholder yang lebih besar. Demi kebersihan lingkungan kabupaten Jember,” ujar Kusworo.