Kategori
Spiritual

Tata Cara Sujud Syukur yang Benar dan Niat Doa Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Ajaran Rasulullah SAW

Tata Cara Sujud Syukur – Tata cara sujud syukur perlu diketahui oleh seluruh muslim maupun muslimah. Tidak sembarangan, tata cara sujud syukur harus dilakukan dengan baik dan benar. Bagi umat Islam, sujud menjadi salah satu cara untuk bisa berkomunikasi dengan Allah SWT.

Melaui sujud pula, umat Islam mengakui bila dirinya kecil serta tidak berdaya di haapan Allah SWT. Dalam ajaran agama Islam, terdapat empat jenis sujud yang dikenal secara luas. Keempat jenis sujud ini adalah sujud dalam salat, sujud tilawah, sujud sahwi dan sujud syukur.

Baca juga : Tata Cara Berwudu yang Tepat Beserta Niat dan Doa

Sujud syukur biasanya dilakukan seseorang sebagai wujud terima kasih atas nikmat dan karunia yang luar biasa dari Tuhan. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah bahwa Sahabat Abu Bakrah mengatakan, “Bila Rasulullah SAW mendapati kemudahan dan kabar gembira, beliau langsung tersungkur bersujud kepada Allah SWT,” (HR. Ibnu Majah).

Hukum Sujud Syukur

Tata cara sujud syukur dalam Islam ini hukumnya sunnah. Melansir dari Dream.co.id, Kamis (7/5/2020), Nabi Muhammad SAW pernah melakukan sujud syukur saat mendapatkan sesuatu yang membuat Beliau gembira. Hal ini juga disebutkan dalam hadist shahih.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, yang artinya,

“Dari Abu Bakar, ia berkata, ‘Apabila Nabi Muhammad Saw. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah SWT’.” (HR. Abu Dawud)

Kemudian, diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf berkata,

“Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, ” Barang siapa membaca shalawat dan salam daftar s128 kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu.” (HR. Ahmad dan Hakim)

Syarat Sujud Syukur

Sebelum beralih ke tata cara sujud syukur, ada baiknya kamu mengetahui dan memahami apa saja syarat sujud syukur. Terdapat tiga syarat yang harus diterapkan sebelum melakukan sujud syukur, yakni :

  • Suci dari hadas besar dan kecil
  • Menutup semua aurat yang terlihat
  • Menghadap kiblat

Itulah syarat yang harus dipenuhi sebelum orang muslim maupun muslimah melakukan sujud syukur. Ya, bila dilihat syarat sujud syukur tak berbeda jauh ketika akan menunaikan ibadah salat.

Tata Cara Sujud Syukur

Tata cara sujud syukur harus diketahui dan dimengerti oleh umat Islam. Hal ini lantaran, tata cara sujud syukur merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dimengerti sebelum melakukannya.

Mensyukuri nikmat Allah SWT tidak hanya melalui lisan yang berucap hamdalah (Alhamdulillah), namun juga dengan cara sujud syukur. Dalam kitab suci Al-Quran surah ke-14, Ibrahim ayat 7, Allah berfirman:

“Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara sujud syukur yang benar sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

  • Berwudhu
  • Berdiri menghadap arah kiblat
  • Membaca niat sujud syukur, “Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta’aalla,” artinya, “Saya niat sujud syukur karena Allah Ta’aalla”
  • Melakukan gerakan takbiratul ihram
  • Melakukan gerakan sujud syukur satu kali
  • Membaca doa sujud syukur dalam posisi sujud
  • Duduk seperti di antara dua sujud
  • Mengucapkan salam seperti oarang selesai salat

Bacaan Doa Sujud Syukur

“Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil aliyyil azhiim”.

Artinya: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung”.

Membaca penggalan ayat al-Quran, surat An-Nami ayat 19

“Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa’laa waalidayya wa-an a’mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash shoolihiin”.

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih”.

Manfaat Sujud Syukut

  • Terhindar dari sifat sombong
  • Melatih rasa rendah hati
  • Menambah nikmat Allah SWT, sebab orang yang bersyukur akan ditambahkan nikmatnya seperti yang dijelaskan dalam QS. Ibrahim ayat 7
  • Disediakan tempat istimewa di akhirat bagi umat Islam yang pandai bersyukur
  • Selalu mengingat adanya Allah SWT, serta segala karunia hanya datang dari-Nya

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *