Kategori
Spiritual

Tata Cara Berwudu yang Tepat Beserta Niat dan Doa

Cara Tepat dan Niat Doanya

Tata Cara Berwudu – Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk salat lima waktu. Sebelum salat, kita harus berwudu. Wudu adalah cara membersihkan beberapa anggota badan, Tujuannya supaya kita bisa beribadah dalam keadaan yang suci.

Baca juga : Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Tak asal membersihkan, wudu memiliki urutan yang harus dipatuhi. Berikut ini adalah tata cara, niat dan doa berwudu yang benar.

Membaca Niat

Hal pertama yang dilakukan adalah membaca niat. Niat diartikan sebagai kesungguhan untuk menjalankan wudu karena perintah Allah SWT semata. Ini juga merupakan ajaran dari Rasulullah SAW. Bacalah niat ini dalam hati:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى

“Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”

Artinya:

“Saya niat berwudu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

Mencuci Kedua Telapak Tangan

Gerakan pertama adalah mencuci kedua telapak tanganmu. Bersihkan hingga ke sela-sela jari, dimulai dari tangan yang kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali.

Beberapa orang mengucapkan Basmallah sembari membasuh tangannya. Namun tidak perlu khawatir jika terlupa karena wudumu akan tetap dianggap sah.

Berkumur

Gerakan berikutnya adalah berkumur. Tadahlah tanganmu dan ambil air, kemudian masukkan airnya ke mulutmu. Berkumurlah hingga sisa-sisa kotoran di gigimu hilang! Lakukan kumur-kumur ini sebanyak tiga kali. Buang air kumurnya ke sebelah kiri

Bersihkan Hidung

Basuhlah hidung secara menyeluruh hingga pada bagian dalamnya. Tjuannya adalah untuk menghhilangkan kotoran yang ada didalamnya.

Sebagian orang memilih untuk mengusap bagian dalam dengan jarinya. Sementara sebagian lagi menghirup air kemudian mengeluarkan air di dalam dengan cara memencet hidung. Lakukan sebanyak tiga kali!

Bersihkan Wajah

Ambil air dari keran dengan mengatupkan kedua tanganmu sebagai wadah, kemudian bilaskan ke seluruh wajahmu. Basuhlah wajah dengan gerakan memutar dari tengah ke ujung kepala di mana rambut tumbuh!

Lalu, basuh mengarah ke luar seperti pipi dan terakhir ke bawah dagu. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali.

Basahkan Tangan Hingga ke Siku

Basuh tanganmu, mulai dari sela jari hingga siku sebanyak tiga kali, masing-masing kanan dan kiri. Basuhlah dengan gerakan memutar hingga keseluruhan tangan terkena air dan mulailah dari tangan kanan! Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali.

Mengusap Kepala

Gerakan berikutnya adalah membasuh kepala. Membasuh yang dimaksud itu bukan diguyur seperti keramas, namun basuhlah dengan sedikit air mulai dari dahi, ujung dahi hingga membasahi sebagian kepala.

Usahakan untuk mengenai kulit kepala. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali. Namun, ada juga yang mengusapnya hanya satu kali hingga ke belakang kepala.

Basuh Telinga

Cara membasuhnya adalah dengan memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga, sementara ibu jari membasuh daun telinga. Ketika membersihkan, lakukan dengan gerakan memutar, dimulai dari dalam hingga ke luar telinga (daun telinga).

Jangan membasuh dengan air yang terlalu banyak supaya tidak masuk ke dalam telinga dan justru menyebabkan telinga menjadi buntu. Lakukan secara bersamaan antara kanan dan kiri, sebanyak tiga kali.

Membasuh Kedua Kaki

Gerakan terakhir adalah membasuh kaki. Basahi kaki mulai dari telapak hingga pada mata kaki.

Jangan malas untuk mengangkat kakimu dan memasukkan jari tanganmu ke sela-sela jari kaki. Usahakan semua area kaki terkena air dan lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali, dimulai dari kaki kanan.

Tertib

Hal terakhir adalah tertib, yaitu kamu melakukan wudu dengan berurutan tanpa ada yang tertinggal. Sama seperti ketika mengawali wudu, maka kamu juga harus menutupnya dengan doa. Bacalah doa berikut ini:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلَهَ اِلاَّالله وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدَ الرَّسُولُ الله اَللهُمَّ جْعَلْنِى مِنَ التَّوَّبِيْنَ وَجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِرِ يْنْ وَجْعَلْنِى مِنْ عِبَادِكَ الصَّلِحِيْنْ

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Demikianlah tata cara, niat dan doa wudu yang benar untuk panduanmu berwudu. Ayo, coba dicek lagi wudunya! Sudah benar, kah?

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *