Kategori
Spiritual

Berbagai manfaat dari kecerdasan spiritual yang luar biasa

Manfaat Kecerdasan spiritual

Berbagai manfaat dari kecerdasan spiritual yang luar biasa – Semakin hari semakin banyak orang yang percaya pada spiritualitas sebagai salah satu solusi untuk masalah hidup. Di tengah dunia yang makin riuh, spiritualisme mengajak orang untuk kembali mencari keheningan dalam diri dan membawa nilai-nilai yang lebih bermakna.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mendefinisikan manusia sebagai makhluk psikologis, sosial, dan spiritual. Sementara tak sedikit psikolog yang percaya bahwa kecerdasan spiritual adalah faktor yang berperan penting bagi kesehatan mental seseorang.

Kecerdasan spiritual (SQ) tidak hanya berhubungan dengan pikiran, batin dan jiwa Anda sendiri, namun kecerdasan spiritual (SQ) juga berhubungan dengan orang lain dan alam semesta. Semakin Anda memiliki SQ yang tinggi, semakin mudah Anda untuk bisa menemukan kebahagian dan memaknai hidup. Semakin tinggi kecerdasan spiritual (SQ) yang Anda miliki, semakin tinggi pula kontribusi Anda pada sesama dan alam semesta.

Dengan memiliki kecerdasan spiritual (SQ) yang tinggi, Anda tidak akan terbawa arus zaman yang semakin kehilangan nilai-nilai kehidupan, kurangnya rasa simpati dan empati pada sesama dan kurangnya kesadaran untuk menjaga alam semesta demi terjaganya kelangsungan hidup umat manusia.

Cara membangun kecerdasan spiritual Spiritualitas

adalah pengalaman yang pribadi bagi tiap orang. Cara seseorang untuk menggapai kecerdasan spiritual juga berbeda-beda, ada yang melakukannya dengan yoga, meditasi, berdoa, dan sebagainya

Melatih kesadaran

Sadarilah bahwa kita memang tidak sempurna sebagai manusia. Ada kesalahan dan ego yang terselip di dalam diri. Tapi bukan berarti kita bisa membiarkan hal-hal ini menguasai diri. Oleh sebab itu, sadari, pertanyakan, dan ubah hal-hal buruk yang membuat jiwa Anda tidak tenang. Saat telah terbiasa untuk hidup secara ‘sadar’, akan lebih mudah bagi kita untuk menghargai serta menikmati hidup.

Menjalani Hidup Dengan Ketulusan dan Kerendahan Hati

Biasanya, mereka yang punya kecerdasan spiritual tinggi sudah mengenali betul siapa dirinya di alam semesta ini dan mengapa berada di dunia ini. Semakin paham semakin rendah hati dan semakin besar keinginan untuk bersikap penuh ketulusan.

Mencintai Tanpa Mengharapkan Balasan

Bagi mereka, cinta adalah diri mereka sendiri. Mereka mencintai tanpa berharap untuk dicintai kembali. Karena bagi mereka mencintai adalah apa yang bisa mereka berikan dalam kehidupan ini.

Melakukan visualisasi

Visualisasi adalah teknik yang digunakan untuk membantu dalam mewujudkan apa yang kita inginkan dalam hidup. Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang law of attraction atau hukum ketertarikan? Konsepnya kira-kira serupa. Otak pada dasarnya tidak bisa membedakan antara visualisasi dan kenyataan. Saat kita membayangkan bahwa Akita bahagia dan tenang, otak juga akan ‘merasakan’ bahwa kita tengah bahagia. Jadi, lakukanlah visualisasi setiap hari.

Berkumpul dengan komunitas

Berkumpul dengan orang-orang yang membuat kita merasa terhubung akan menguntungkan untuk kecerdasan spiritual. Kita akan menjadi lebih terbuka, menghargai keberagaman, lebih nyaman dengan diri sendiri, serta meningkatkan empati. Komunitas tersebut bisa siapa saja, tak hanya teman dekat atau keluarga. Anda dapat bergabung dalam klab buku, berkumpul dengan teman yoga, dan banyak lagi.

Kategori
Spiritual

Suku di Indonesia dengan Tradisi Spiritual Paling Mengerikan, Jangan Pernah Coba!

Spiritual Paling Mengerikan

Spiritual Paling Mengerikan – Sebagai negeri yang multikultural, Indonesia terdiri lebih dari 300 suku bangsa dengan bahasa, tradisi, dan adat kebiasaan yang berbeda-beda. Setiap tradisi yang dianut merupakan warisan leluhur yang erat kaitannya dengan unsur spiritual dan kepercayaan. Beberapa tradisi tersebut bahkan cenderung unik dan mengerikan yang tidak bisa diterima akal sehat.

Baca juga : Misteri Laut-Laut Horor di Indonesia, Segitiga Bermuda mah Lewat!

Debus, Banten

Debus merupakan tradisi yang berasal dari Provinsi Banten berupa kegiatan melukai diri sendiri dengan berbagai senjata tajam seperti pedang, golok, atau pisau. Mengandung makna mendalam bahwa tuhan tidak akan membiarkan hambanya terluka dengan tubuh yang telah diberikan. Tradisi ini telah dianut oleh umat Islam sejak abad ke-16 di Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Pasola, Sumatera Barat

Pasola merupakan upacara adat yang berasal dari Sumatera Barat dimana dua orang kesatria berkuda akan bertarung dengan tombak hingga salah satunya menyerah. Para kesatria terus bertarung dengan menusukkan tombak hingga darah bercucuran di arena. Masyarakat percaya bahwa darah yang jatuh ke tanah akan membuat tanah menjadi subur. Jika jatuh korban jiwa, sang korban akan dianggap bersalah karena telah melakukan kesalahan selama upcara adat Pasola berlangsung.

Ramuan Tongkat Madura, Madura

Tongkat Madura merupakan sebuah ramuan luar yang bertujuan untuk mengencangkan. Mengembalikan keperawanan seorang wanita dengan cara memasukkan tongkat ini ke dalam organ kewanitaan selama dua sampai tiga menit. Ramuan tongkat Madura berbentuk oval dengan diameter 1,5 cm dan panjang 10 cm yang dapat digunakan dua sampai tiga kali sehari. Tongkat Madura ini juga mampu mengatasi masalah kewanitaan lain seperti menghilangkan keputihan dan lendir-lendir kotor, mengencangkan otot organ vital, serta menghilangkan aroma tidak sedap pada organ kewanitaan.

Mumi Hitam, Papua

Tradisi mumifikasi jenazah tak hanya ada di Mesir, Suku Dani Papua juga melakukan tradisi pembalsaman yang tokoh adat yang meninggal. Tradisi mumifikasi Suku Dani Papua sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Mumi milik Suku Dani sedikit berbeda karena memiliki warna hitam pekat. Posisi tubuh duduk dan kepala menengok keatas serta mulut terbuka lebar. Teknik mumifikasi jenazah tidak melalui pembalsaman, jenazah yang baru wafat akan dijemur untuk dikeringkan lalu diletakkan di dalam sebuah gua. Setelah agak mengering dan menjadi mumi selanjutkan ditusuk dengan tulang babi dan diletakkan diatas perapian untuk menghilangkan lemak ditubuhnya.

Kategori
Spiritual

Mengharukan, Kaka Slank Hingga Yura Yunita di Tanah Suci

Hingga Yura Yunita di Tanah Suci

Hingga Yura Yunita di Tanah Suci – Berkunjung ke Baitullah merupakan impaian semua umat Islam di dunia. Mereka yang sudah pernah menginjakkan kaki mereka ke Tanah Suci bahkan sampai ingin kembali mendapatkan pengalaman spiritual yang menenangkan hati.

Baca juga : Jadi Contoh Penerapan Protokol Covid19 Rumah Ibadah

Pengalaman spiritual ini aplikasi s128 mobile juga dialami oleh sederet artis Indonesia. Mereka adalah Bella Shofie, Bimbim dan Kaka Slank, serta Yura Yunita. Masing-masing memiliki cerita yang menarik untuk disimak.

Kaka dan Bimbim Slank

Selama kurang lebih 1 minggu menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci, Kaka dan Bimbim Slank juga mendapatkan banyak pengalaman spiritual. Hal tersebut membuat mereka menjadi lebih dekat kepada Allah SWT. Menurut Kaka, selama berada di Kota Makkah dan Madinah, ia selalu mendapati pemandangan yang sangat indah serta mendapatkan kenikmatan tiada tara.

“Enggak kebayang tempat seindah itu. Tapi sebelum berangkat image-nya adalah beribadah yang notabene harus benar. Saya belum kuasai jadi ada beban. Ternyata yang lebih terasa kayak holiday. Dua kali lipat indahnya saat kita liburan di Indonesia, cuma bonusnya kita ibadah tanpa kita sadar,” tutur Kaka.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bimbim Slank. Ia merasa diberi kemudahan oleh Allah SWT sejak meniatkan diri untuk menunaikan ibadah umrah. “Ini doa gue sejak dua tahun yang lalu. Udah di list ke Tuhan mau ngajak gue, keluarga gue, nyokap, bokap, mertua, ipar, sama abang gue cuma 12 orang. Tetapi pas umrah gua jalan 30 orang. Dari sekian banyak list mimpi gue, 96 persen tercapai,” katanya.

Yura Yunita

Tahun 2017 lalu, penyanyi cantik Yura Yunita juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi Baitullah. Kala itu, ia berangkat bersama kedua orang tuanya. Selama 10 hari di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Yura mengaku mendapat banyak pengalaman spiritual. Salah satunya saat khawatir berdesak-desakan dengan ribuan jamaah lain ketika hendak menunaikan salat.

“Waktu di Masjidil Haram, iba-tiba tempat yang tadinya sesak langsung kosong, buat aku gitu aja. Itu tempat yang tadinya berisik jadi sepi banget, mungkin kalau aku cerita begini kayaknya enggak mungkin. Tapi, selesai salat langsung ramai lagi dan banyak kejadian ajaib,” ungkap Yura.

Sumber : today.line.me

Kategori
Spiritual

Pemimpin Spiritual Abad 20 paling Berpengaruh di Dunia

Pemimpin Spiritual Abad 20

Pemimpin Spiritual Abad 20 – Di tengah kekacauan dunia mulai dari perang hingga aksi terorisme tidak mennyurutkan kelima pemimpin spiritual ini hilang pengaruhnya. Bahkan semakin dahsyat. Mereka juga kerap mengambil langkah-langkah politik yang diikuti banyak pengikutnya. Kata-kata mereka mengandung magnet bisa menenangkan hati sekaligus mengisi kalbu manusia agar tidak kosong.

Baca juga : Saudi Kembali Buka Masjid dengan Aturan Ketat Cegah Corona

Kelima pemimpin spiritual ini sudah mengenalkan ajaran-ajaran keTuhanan yang didengarkan mulai dari pengikutnya hingga lintas keyakinan. Dalam ucapan daftar s128 pulsa mereka ada kalimat sang penguasa jagat raya. Disampaikan secara halus namun mengena pada sasaran. Tak heran banyak orang merasa tenang bila di dekat mereka.

Ayatullah Ali Khamenei

Ayatullah Ali Khamenei adalah pemimpin spiritual yang memiliki pengaruh besar terutama di Iran dan banyak warga syiah. Dia lahir pada 1940 dari ayah seorang ulama besar dan ibu dengan kemampuan agama mumpuni. Meski ulama tersohor namun Khamenei kecil hidup dengan kesederhanaan bahkan serba kekurangan.

Namun itu tak membuatnya patah semangat untuk belajar. Khamenei tercatat sebagai pemimpin spiritual yang cerdas dan menguasai ilmu filsafat, fiqih, dan kenegaraan. Itu yang membuatnya terpilih menjadi penguasa tertinggi Negeri Mullah.

Paus Fransiskus

Siapa tak kenal Paus Fransiskus? Saat ini bisa jadi dia pemimpin spiritual Katolik paling berpengaruh sejagat lantaran banyak kebijakannya nyeleneh dari ajaran Yesus Kristus. Mulai dari kedekatannya dengan kaum gay, memberkati rombongan pengendara motor gede Harley Davidson, hingga mengakui adanya pelecehan seksual di banyak gereja.

Malah belum genap setahun, Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini menjadi orang paling besar pengaruhnya versi majalah bergengsi TIME. Dia dikenal menunjukkan kepedulian tinggi pada kaum terpinggirkan.

Dalai Lama

Tidak banyak orang mengenal nama Tenzin Gyatso, namun saat disebutkan Dalai Lama, pasti muncul bayangan sosoknya yang penuh senyum dan keramahan. Dia pemimpin spiritual Tibet paling tersohor sejagat sebab gayanya luwes dan bisa membaur dengan segala lapisan masyarakat.

Dalai Lama ke-14 ini dipercaya sebagai reinkarnasi Buddha. Di usia kepala tujuh dia masih aktif keliling dunia menyebarkan ajaran Buddha yang percaya akan kekuatan perdamaian, cinta, dan pengertian.

Thich Nhat Hanh

Satu lagi pemimpin spiritual tersohor abad ini yakni guru Buddha Zen Thich Nhat Hanh. Usianya memang sudah beranjak seabad namun dia masih aktif keliling dunia memperkenalkan meditasi bagi pikiran dan hati agar selalu menyerahkan diri pada kebesaran sang kuasa.

Nhat juga masih aktif menulis. Tak heran dia sudah menerbitkan hingga 100 artikel mengenai meditasi hingga puisi, dan sejarah Buddha. Dia salah satu pemimpin spiritual memperkenalkan ajaran bersatu dengan Tuhan. Jika di Indonesia mungkin Nhat setara dengan Syekh Siti Djenar dengan ajarannya manunggaling kawula gusti.

Deepak Chopra

Deepak Chopra disebut pemimpin dan guru spiritual para selebritas Amerika Serikat sebelum akhirnya mendunia. Dia meramu kehidupan antara jasad dan ruh dengan sangat baik hingga banyak orang merasa terinspirasi olehnya.

Chopra disinyalir dekat dengan sejumlah orang terkenal seperti Michael Jackson, Madonna, Chaterine Zeta Jones, Brad Pitt, hingga Angelina Jolie. Lelaki kelahiran Ibu Kota New Delhi, India, 22 Oktober 1946 ini berlatar belakang kedokteran yang mengembangkan diri menjadi konsultan bagi pasien yang stres hingga jatuh mental.

Sumber : merdeka.com

Kategori
Spiritual

Mengenal Malam Lailatul Qadar, Lebih Mulia dari Seribu Bulan

Malam yang Lebih Mulia dari Seribu Bulan

Mengenal Malam Lailatul Qadar – Salah satu keistimewaan yang terdapat hanya pada bulan Ramadhan adalah adanya sebuah malam yang penuh dengan kemuliaan, yakni malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan malam dimana seorang muslim berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan. Pada saat itu, sipa yang berdoa dan meminta pada Allah SWT akan dikabulkan permintaanya. tentunya dengan bersungguh-sungguh.

Baca juga : Ilmuwan Inggris Temukan Manfaat Gerakan Salat untuk Nyeri Punggung

Malam Lailatul Qadar juga dipercaya sebagian ulama sebagai waktu pertama kali Al-Quran diturunkan. Dalam Al-Quran sendiri, Lailatul Qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Itu artinya, Lailatul Qadar merupakan satu malam penting yang hanya terjadi pada bulan Ramadan.

Menurut sebagian besar ulama, malam Lailatul Qadar biasanya jatuh di malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan malam Lailatul Qadar datang di malam-malam genap.

Dosanya Akan Diampuni

Para ahli agama beserta sejumlah periwayat hadis seperti Imam Bukhari, Imam Muslim, Abdullah Bin Umar, hingga Abu Malik menyebutkan, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci di malam Lailatul Qadar.

Tidak hanya itu, ketentuan ajal dan rezeki juga akan ditetapkan serta dicatat. Allah SWT pun akan live22 android menjamin pengampunan bagi siapa saja yang mendirikan salat malam dengan bersungguh-sungguh di malam itu. Allah SWT bahkan akan menggugurkan segala dosa yang pernah dibuatnya selama ini.

” Barang siapa melaksanakan salat malam di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Hadis Terkait Malam Lailatul Qadar

Berikut beberapa hadis yang terkait dengan tanda-tanda adanya malam Lailatul Qadar.

Hadis Riwayat Imam Muslim:

“Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Imam Muslim, 762).

Hadis riwayat dari Ibnu Abbas, Rasullulah SAW bersabda,

“Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan.” (HR. Al Baihaqi).

Pada sebuah hadis riwayat Muslim juga dijelaskan:”Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadan, melebihi kesungguhan Beliau di waktu lainnya. (HR. Muslim).

Kutamaan

Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemuliaan. Pada malam itu, para malaikat akan turun ke bumi untuk memberikan syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah SWT juga akan melapangkan rezeki bagi mereka yang senantiasa meminta dengan tulus serta dikehendaki-Nya.

Di malam Lailatul Qadar, segala amal baik akan diberikan pahala berlipat ganda. Malam Lailatul Qadar tidak bisa disamakan dengan malam-malam lainnya. Imam Mujahid, qotadah serta ulama besar lainnya berpendapat, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang begitu mulia dan utama.

Bagi siapa saja yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib maupun sunah, membaca Al-Quran, berzikir dan melakukan kebaikan lainnya akan mendapatkan kesejahteraan dan ketenangan. Mereka yang senantiasa menghidupkan malam Lailatul Qadar juga akan dijaga oleh para malaikat yang turun ke bumi.

Tanda-tanda Lailatul Qadar

Tidak ada seorang pun yang mengetahui secara pasti kapan persisnya waktu Lailatul Qadar turun. Sejumlah hadis pun hanya menyebutkan malam Lailatul Qadar jatuh di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Untuk itu, dianjurkan bagi setiap umat Islam agar meningkatkan ibadah dan amal soleh di waktu tersebut. Tujuannya agar tidak kehilangan malam Lailatul Qadar.

Adapun tanda-tanda Lailatul Qadar malam seribu bulan adalah:

Esok hari, matahari akan terbit dalam keadaan teduh, jernih dan seperti tidak ada sinar matahari pagi. Cuaca tidak begitu cerah, namun teduh serta menenangkan. Udara tidak panas maupun dingin, tidak berawan dan tidak badai di malam Lailatul Qadar. Keadaan menjadi sangat tenang, nyaman, dan umat Islam akan merasakan kenikmatan tersendiri saat beribadah dengan sungguh-sungguh. Hal ini lantaran malaikat turun ke Bumi.

Sumber : liputan6.com

Kategori
Spiritual

Negara-negara yang Terkenal karena Banyak Dukun dan Ilmu Sihirnya

Dukun – Dukun adalah mereka yang memiliki kelebihan dalam hal kemampuan supranatural. Konon, mereka bisa memahami hal yang tidak kasat mata. Selain itu, meeka juga mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib.

Di Indonesia, jasa dukun digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di kehidupan masyarakat. Tak melulu negatif, dukun juga kadang diminta untuk membantu menghilangkan penyakit, gangguan sihir, kehilangan barang, penghalau hujan dan lain-lain.

Tapi tahukah anda ternyata dukun tak cuma ada di Indonesia saja? Di beberapa negara lain pun juga punya dukun. Namun tak di sangka, kahdirannya malah dianggap sebagai ancaman. Banyak kasus praktek ilmu sihir ataupun dukun yang diburu untuk kemudian dibunuh agar berhenti melakukan praktik sihir dan makhluk halus.

Baca juga : Melatih Kecerdasan Spiritual untuk Menjadi Orang yang Lebih Baik

Berikut ini deretan negara yang memiliki banyak dukun seperti lansir dari laman Listamaze :

1. Kongo
Orang yang memiliki ilmu hitam, baik secara turun temurun maupun hasil dari belajar, adalah hal yang ilegal di negara ini. Warga Kongo yang tertangkap melakukan praktik ilmu sihir pun dimusnahkan. Dalam kasus ini banyak orang tak bersalah, anak kecil serta perempuan yang menjadi korban.

2. Kamerun
Masyarakat Kamerun pernah dibuat heboh oleh kasus wanita 16 tahun yang mengaborsi kandungannya dengan meminum cairan beracun. Cairan beracun tersebut diduga diberikan oleh seorang dukun. Sejak saat itu, masyarakat seakan bersikap intoleran terhadap orang yang melakukan praktik dukun karena dianggap merugikan.

3. Afrika Selatan
Tampaknya praktik ilmu sihir dan makhluk halus banyak terjadi di benua Afrika. Di Afrika Selatan, orang yang tertangkap melakukan praktik akan dihukum dengan cara dibakar hidup-hidup.

4. India
Sejak tahun 2008-2013, tercatat ada 700 wanita yang dibunuh terkait praktik ilmu hitam. Mereka menggunakan ilmu tersebut untuk mencuri berbagai barang.

5. Gambia
Pada tahun 2009, setidaknya 1000 orang diculik dan dikunci di lokasi rahasia. Di sana mereka dipaksa oleh para dukun untuk meminum cairan berbahaya yang menyebabkan halusinasi. Setidaknya dua orang tewas akibat praktik ini.

6. Kenya
Praktik sihir sudah terjadi lama di Kenya. Pada tahun 2008, 11 orang dibakar massa karena praktik ilmu hitam. Lima tahun berselang, seorang perempuan diarak dan ditelanjangi karena kasus yang sama. Pada tahun 2013 juga seorang pria dibakar dan ditonton oleh publik karena praktik ilegal.

7. Zambia
Praktik ilmu hitam dan makhluk halus juga dilarang dan melanggar aturan di megara Zambia. Meski demikian, masih banyak kasus praktik ini yang terjadi di negara Afrika bagian Selatan ini.

Sumber : liputan6.com