Kategori
Spiritual

Niat Mandi Sunnah Idul Fitri Lengkap dengan Caranya Sesuai Ajaran Islam

Niat Mandi Sunnah Idul Fitri

Niat Mandi Sunnah Idul FitriIdul Fitri merupakan salah satu hari raya yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia ini. Sudah sepantasnya umat Islam menyambut hari raya ini dengan suka cita dan perasaan yang bahagia.

Baca juga : Kota Besar di Dunia Tempat Orang Penganut Aliran Sesat

Salah satu hal yang dapat dilakukan sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri adalah mandi yang disunnahkan untuk membersihkan diri dan tampil secara maksimal di hadapan Allah SWT. Simak ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Salat Idul Fitri

Shalat Idul Fitri adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam untuk merayakan hari kemenangan setelah berhasil melawan hawa nafsu melalui berpuasa selama satu bulan penuh.

Ibadah ini termasuk salah satu ibadah sunnah muakad yang berarti apabila dikerjakan akan menambah pahala. Sebaliknya, apabila tidak dikerjakan maka seorang muslim juga tidak akan mendapatkan dosa.

Kendati demikian, hukum sunnah muakad juga berarti merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan Rasulullah untuk dikerjakan agar mendapatkan kebaikan serta meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Hukum Mandi Sunnah Idul Fitri

Mandi sebelum shalat Idul Fitri tidak diwajibkan untuk dilakukan. Namun, hal ini akan menjadi tambahan pahala apabila dilaksanakan dengan niat yang sungguh-sungguh. Kendati demikian, apabila hal ini tidak dilakukan juga tidak akan menimbulkan dosa.

Sesuai dengan hadist terkait mandi sunnah Idul Fitri, dijelaskan bahwa Rasulullah daftar s128 pulsa melakukan mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat dua rakaat pada Hari Raya Idul Fitri sebagaimana berikut ini.

“Bahwasannya Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ibnu Majah)

Sementara itu, waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan mandi sunnah Idul Fitri adalah sebelum ataupun setelah dikerjakannya shalat Subuh di pagi hari. Namun sesuai ajaran agama Islam, mandi sunnah sebelum shalat Idul Fitri ini dapat dikerjakan mulai tengah malam. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan Syekh al-Baijuri berikut ini.

“Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) pada tengah malam.” (Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al-Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi ‘ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja dalam al-Ilmiyyah, 1999).

Bacaan Niat Mandi Sunnah Idul Fitri

Sebelum mengetahui tata cara mandi Idul Fitri sesuai sunnah, maka yang patut diketahui terlebih dahulu adalah bacaan niatnya. Berikut bacaan niat mandi sunnah Idul Fitri.

“Nawaitul ghusla li ‘idil fithri sunnatan lillahi ta’alaa.”

Artinya:
“Saya niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Mandi Sunnah

Sama halnya dengan tata cara mandi wajib pada umumnya, tata cara mandi sunnah Idul Fitri ini yaitu siram seluruh tubuh menggunakan air bersih.

Sebelum mengguyurkan air ke seluruh tubuh, maka langkah pertama yang dilakukan adalah membaca niat mandi sunnah shalat Idul Fitri dengan sungguh-sungguh untuk mengharap berkah dari Allah SWT.

Setelah itu, siram seluruh tubuh menggunakan air bersih yang mengalir mulai dari atas ke bawah. Lalu setelah itu, dimulai kembali dari kanan hingga anggota badan yang berada di sebelah kiri. Setelah selesai, kemudian dapat dilanjutkan dengan mandi seperti biasa.

Sunnah Lain Sebelum Sholat Idul Fitri

Selain mandi, sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum berangkat shalat Idul Fitri yakni meliputi:

  • Memakai wewangian bagi laki-laki.
  • Mengumandangkan takbir.
  • Mengenakan pakaian terbaik untuk shalat Idul Fitri.
  • Makan sebelum berangkat shalat Idul Fitri ataupun sebelum mandi sunnah.
  • Berjalan kaki bersama keluarga menuju lokasi shalat Idul Fitri berjama’ah.
  • Melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan atau semacamnya.
  • Mengajak semua anggota keluarga ke lokasi shalat Idul Fitri.

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *