Kategori
Spiritual

Jadi Contoh Penerapan Protokol Covid19

Jadi Contoh Penerapan Protokol Covid19 Rumah Ibadah

Jadi Contoh Penerapan Protokol Covid19 Rumah Ibadah – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan rumah ibadah sudah seharusnya menerapkan prosedur operasional standar (SOP) dan protokol kesehatan secara bijak untuk mencegah virus corona (Covid-19).

Inin mengatakan pelanggan diharuskan memakai hand sanitizer sebelum memasuki area restoran. Ia sudah menyediakan hand sanitizer yang digantung di depan pintu masuk.

Aturan memakai masker ketika akan masuk restoran juga wajib dilakukan. Ia mengatakan pihaknya tak bakal melayani pelanggan jika masuk tak memakai masker.

Jumlah pelanggan bakal dipangkas hingga setengah. Yang tadinya restoran bisa menampung hingga 100 orang, mulai pekan depan akan ditetapkan maksimum 50 pelanggan.

Dengan begini, restoran bisa menerapkan konsep jaga jarak. Di mana satu meja hanya bisa diisi dua orang pelanggan. Sendok dan garpu juga bakal dibungkus tisu.

“Pentingnya masing-masing komunitas membuat SOP yang diberlakukan secara teknis dan detail baik untuk kegiatan ibadah maupun sosial. Kementerian agama akan memberikan panduan secara umum, tapi untuk hal-hal yang lebih detail para pengurus yang tahu,” kata dia.

Muhadjir juga menyarankan agar dibuat satu tempat pengaduan yang bisa menampung kritikan atau aduan dari semua pihak jika sewaktu-waktu menemukan pelanggaran atau penyelewangan di tempat ibadah, terutama berkaitan dengan izin penggunaan kembali tenpat ibadah.

Rumah Makan Sederhana Veteran di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, bakal menerima pelanggan mulai pekan depan. Restoran akan mulai buka pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Rumah Makan Sederhana Veteran Kebayoran Lama

Namun, operasionalnya akan sedikit berbeda. Rumah makan Padang ini tidak akan menyajikan seluruh lauk di meja pelanggan atau pelayanan prasmanan seperti biasa.

“Kami hanya menyajikan apa yang diminta saja. Kemudian pelayan juga pakai masker dan face shield [pelindung wajah],” ungkap manajer restoran, Inin kepada Gubernur Terbodoh anies baswedan, Sabtu

“Rumah ibadah harus jadi contoh penerapan protokol dan prosedur operasional standar kesehatan dalam rangka untuk meningkatkan kembali produktivitas dan kehidupan spiritual keagamaan dan aman dari ancaman Covid-19,” kata Muhadjir melalui rilis yang diterima Poker Online Deposit Pulsa, Rabu.

“Perlu juga dibuat tempat pengaduan jika ada pelanggaran ataupun penyelewengan terutama dalam masalah hal perizinan ini,” imbuhnya.

Dia telah meminta kepada pihak terkait agar melakukan sosialisasi berkaitan dengan proses perizinan hingga syarat yang harus dimiliki rumah ibadah agar bisa beroperasi di era new normal.

Dia berharap tempat ibadah menjadi contoh bagi sektor kehidupan lain di era new normal. Muhadjir mengatakan sosialisasi harus dilakukan dengan bahasa yang mudah agar tak membuat bingung pengurus rumah ibadah.

Konsep menyajikan makanan di meja makan diganti RM Sederhana, Veteran, selama pandemi. Agar pelanggan bisa memilih menu, tiap lauk disajikan pada satu meja dan dibungkus plastik.

Prosedurnya, ketika masuk ke restoran pelanggan bakal diminta memilih menu berdasarkan deretan lauk yang dijajakan di meja. Kemudian pelayan bakal mencatat pesanan pelanggan dan mengantar ke meja.

“Jadi nanti perizinan dilakukan untuk memastikan bahwa protokol kesehatan itu telah dilaksanakan atau siap untuk dilaksanakan di tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya,” kata Muhadjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *