Kategori
Religion

Wisata Religi di Banten yang Kental dengan Unsur Agama Islam

Wisata Religi di Banten yang Kental dengan Unsur Agama Islam – Pulau Jawa memang memiliki destinasi wisata religi yang sangat banyak. Salah satunya di Banten. Pasalnya, provinsi ini memang dikenal sebagai daerah yang kental dengan nilai-nilai agama Islam. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata religi di Banten yang bisa kamu kunjungi.

1. Masjid Agung Banten

Masjid ini merupakan cagar budaya Banten yang sudah sangat populer. Banyak wisatawan yang ingin mengetahui seluk beluk masjid bersejarah ini. Masjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada 1552-1570.

2. Masjid Agung Tanara

Salah satu masjid tertua di Banten, Masjid Agung Tanara juga bisa menjadi alternatif wisata religi. Masjid ini peninggalan Sultan Maulana Hasanuddin yang menjadi raja pertama di Banten. Selain itu, jejak dakwah Islam di Banten berawal dari masjid yang klasik ini.

3. Batu Qur’an

Melansir dari https://116.193.191.130/ Lokasinya berada di kaki Gunung Karang. Batu Qur’an merupakan tempat ziarah yang memiliki sejarah yang unik. Penamaan Batu Qur’an berasal dari batu besar yang bertuliskan Alquran. Namun, masyrakat percaya hanya orang-orang yang memiliki ilmu tinggi yang bisa melihat tulisan Alquran di batu tersebut.

4. Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Jika kamu berkunjung ke Batu Qur’an, gak lengkap rasanya kalau gak berziarah ke makam Syekh Maulana Mansyuruddin. Banyak yang menyatakan bahwa Syekh Maulana sebenarnya berasal dari Jawa Timur. Namun, beliau dikenal sebagai sosok yang sangat berjasa dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Banten.

5. Makam Syekh Abdul Jabbar

Destinasi wisata religi lainnya yang bisa kamu kunjungi di Banten adalah Makam Syekh Abdul Jabbar. Beliau merupakan salah satu ulama yang berperan dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama Sultan Syarif Hidayatullah. Maka Jika ingin berziarah membawa rombongan ke sini, pengunjung diimbau harus tetap kondusif dan tertib. Sebab, mengkutip dari http://gracegospelwa.org/  area makam hanya mampu menampung kurang lebih sekitar 20 orang.

6. Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten

Berlokasi di sisi utara Masjid Agung Banten, terdapat kompleks pemakaman Kesultanan Banten. Banyak keluarga tokoh-tokoh besar yang dimakamkan di sana, seperti Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar, hingga Sultan Zainul Abidin. Di antara makam-makam tersebut, yang sering dikunjungi masyarakat adalah Makam Sultan Maulana Hasanudin.