Kategori
Spiritual

Kebaikan Spiritual yang Bisa Didapat dari Salat Tarawih

Kebaikan Spiritual yang Bisa Didapat dari Salat Tarawih – Di bulan Ramadan yang penuh berkah dan rahmat ini, para umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba mengumpulkan pahala dengan memperbanyak amal ibadah. Salah satu amal ibadah yang utama di bulan suci Ramadan ini, adalah salat tarawih.

Shalat tarawih Youtube - Kebaikan Spiritual yang Bisa Didapat dari Salat Tarawih

Mengkutip dari http://gracegospelwa.org/ Salat sunah yang dikerjakan setelah salat isya tersebut, memiliki banyak kebaikan spiritual, yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengerjakannya. Nah, berikut ini lima kebaikan spiritual yang bisa kamu dapatkan dari salat tarawih.

1. Meningkatkan iman dan takwa

Kebaikan spiritual pertama dari salat tarawih adalah meningkatkan iman dan takwa. Dengan rutin mengerjakan salat sunah tarawih setiap hari, maka tingkat keimanan dan takwa kita kepada Allah SWT akan bertambah setiap harinya, mengingat banyak sekali godaan yang menghampiri untuk meninggalkan salat sunah tersebut. Namun, itu semua akan sebanding dengan besarnya pahala yang akan kamu dapatkan, karena setiap ibadah yang dikerjakan di bulan Ramadan, akan mendapatkan ganjaran pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

2. Melatih kesabaran

Melansir dari https://103.31.38.66/ Kebaikan spiritual kedua yang bisa kamu dapatkan dari salat tarawih adalah melatih kesabaran. Jumlah rakaat salat sunah tarawih yang lebih banyak dari salat sunah lainnya yaitu sekitar 8 hingga 20 rakaat, belum ditambah salat witirnya, tentunya akan membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi lho agar bisa menyelesaikan salat sunah tersebut hingga akhir, dan tidak meninggalkan imam di tengah jalan karena sebab lain seperti mengantuk, dan lain sebagainya.

Jika kamu rutin mengerjakan salat tarawih berjama’ah setiap hari di masjid, tentu kesabaranmu akan meningkat setiap harinya, yang nantinya juga akan berdampak positif untuk kesehatan mentalmu.

3. Mendapatkan ketenangan batin

Selain dapat melatih kesabaran, ternyata dengan salat tarawih, maka kita juga akan mendapatkan ketenangan batin lho. Hal tersebut dapat terjadi karena saat kita melakukan salat tarawih, maka otak kita akan melepaskan hormon endorphin, yang dapat meningkatkan rasa nyaman, sehingga mood kita menjadi lebih baik dan hati pun akan lebih tenang.

4. Meningkatkan solidaritas sosial

Dengan melaksanakan salat tarawih berjama’ah di masjid. Maka kita akan menyambung silaturahmi dengan kerabat dan masyarakat yang ada di sekitar kita. Tentunya hal tersebut juga akan meningkatkan solidaritas sosial kita kepada sesama umat Islam. Dan juga dapat mempererat ukhuwah Islamiyah yang mungkin sempat terputus karena kesibukan aktivitas masing-masing.

5. Dosanya di masa lalu mendapatkan pengampunan

Nah, ini dia kebaikan spiritual terbesar yang bisa kamu dapatkan dari salat tarawih. Yaitu dosa-dosa yang kamu lakukan di masa lalu, akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Sesuai dengan penjelasan dari hadist di atas yang mengatakan bahwa siapapun yang salat tarawih di bulan Ramadan. Akan diampuni dosa-dosanya di masa lampau oleh Allah SWT.