Kategori
Misteri

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan

Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan, – Di zaman yang serba modern seperti sekarang. Tampaknya sudah tidak ada lagi hal yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Sayangnya, pernyataan tersebut tampaknya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, masih banyak misteri dunia yang belum terpecahkan hingga sekarang.

Mulai dari misteri pria berumur 256 tahun hingga anak kecil yang tidak bisa lapar, semua hal yang menurut kita janggal ternyata ada di muka bumi ini.

Ilmu pengetahuan dan pengertian kita tentang dunia ini telah maju pesat dalam beberapa abad terakhir. Kendati demikian masih sangat banyak pertanyaan yang belum ada jawabannya.

Hal-hal aneh dan misterius yang belum bisa dimengerti dan dijelaskan oleh manusia pun hingga saat ini belum terpecahkan.

Bunyi Mendengung di Taos

Para warga kota kecil bernama Taos di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat, terus-menerus mendengar suara misterius yang mereka jelaskan sebagai “dengung”.

Suara itu bernada rendah dan terdengar saat lingkungan sedang sepi, dan kedengarannya seperti suara mesin diesel di kejauhan. Banyak penelitian sudah dilakukan, tapi sumber suara masih belum diketahui.

Batu Meluncur

Ada beberapa batu di Racetrack Playa yang secara perlahan bergeser di permukaan tanpa ada intervensi manusia ataupun hewan. Ketika sedang bergeser, batu-batu itu meninggalkan jejak di belakangnya.

Menurut beberapa peneliti, hal itu terjadi karena dorongan angin kencang walaupun batu-batu itu bisa seberat seorang manusia sehingga tidak semudah itu tergeser oleh angin.

Belum pernah ada orang yang merekam ketika batu tengah bergeser dan gejala ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Wabah Tarian

Pada Juli 1518, seorang wanita bernama Frau Troffea mendadak menari di suatu jalan di Strasbourg, Austria. Hal itu dilakukan bukan sekedar sebagai hiburan, melainkan suatu obsesi yang kemudian segera menular di daerah itu sehingga 400 orang lain ikut menari bersamanya.

Mereka menari terus-menerus hingga beberapa bulan, bahkan ada beberapa yang meninggal karena serangan jantung, stroke, dan kelelahan. Tak ada yang mengetahui alasan mereka terobsesi menari hingga kehilangan nyawa.

Raibnya Harold Holt

Pada Desember 1967, Harold Holt pergi ke Pantai Cheviot untuk berenang, tapi ia mendadak raib. Saat itu, ia adalah Perdana Menteri Australia, sehingga peristiwa itu memicu operasi pencarian terbesar yang pernah dilangsungkan di Australia.

Polisi, pihak angkatan laut, dan para sukarelawan setempat mencarinya di segala tempat selama dua hari, tapi tidak menemukan tanda-tanda apapun tentangnya. Kehilangan dirinya masih misteri hingga sekarang.

Wanita di Dais

Para ilmuwan menemukan jasad purba di China. Hingga sekarang, jasad Wanita Dais dari Dinasti Han itu merupakan jasad yang paling awet, padahal usianya sudah 2.000 tahun.

Ia meninggal antara 178 dan 145 SM saat berusia sekitar 50 tahun. Ia diduga meninggal karena serangan jantung.

Kulit mumi itu masih lembut dan lengan serta pahanya masih luwes pada sendi-sendinya. Mumi itu terawetkan dalam cairan misterius yang hingga sekarang masih belum berhasil terungkap oleh para ilmuwan mana pun.

Kategori
Misteri Spiritual

Tempat Wisata Paling Horor di Malang

Tempat Wisata Paling Horor di Malang

Tempat Wisata Paling Horor di Malang, – Malang memang menjadi kota wisata yang selalu di kunjungi wisatawan saat berada di Jawa Timur. Selain Wisatanya yang menarik untuk di kunjungi, nah tau gak sih guys kalo di Kota Malang ada tempat-tempat angker yang memiliki cerita seram.

Bukan cuma wisata alamnya yang indah, Malang juga punya banyak destinasi yang sarat cerita mistis. Bukannya dihindari, tapi justru mengundang minat wisatawan untuk datang.

Hotel Niagara

Sudah banyak cerita horor yang terdengar dari salah satu hotel di kawasan Lawang ini. Berdiri sejak 100 tahun lalu, awalnya hotel ini difungsikan layaknya penginapan biasanya. Lambat laun, hotel hanya digunakan sebagian, sisanya ditutup rapat.

Karena tidak sering digunakan, mungkin itulah jadi salah satu penyebab hotel tampak angker. Apalagi beberapa tamu mengungkapkan isu adanya penampakan sosok nonik Belanda.

Gunung Kawi

Sebagai pendaki biasa, mungkin kamu hanya menikmatinya sebagai sebuah gunung yang sangat indah. Di balik itu semua, sebenarnya Gunung Kawi menyimpan banyak misteri. Gunung ini dikenal sebagai tempat untuk melakukan ritual tertentu.

Konon katanya, banyak praktik pesugihan dan tumbal yang terjadi di sini. Mereka berharap bisa mendapatkan kualitas perekonomian yang lebih baik lagi.

Rumah Hantu Ijen

Lokasinya berada di Jalan Rinjani Nomor 14. Rumah ini ditinggalkan pemiliknya sejak 1986. Karena adanya sengketa hak milik, akhirnya rumah tersebut tak kunjung mendapatkan pemilik barunya. Padahal rumahnya cukup mewah dengan gaya arsitektur khas Eropa.

Menurut pengakuan warga sekitar, di rumah tersebut pernah terlihat noni Belanda di atas atap. Terkadang ada sosok hantu menir Belanda duduk-duduk di teras. Ada pula yang menyebut pernah melihat anak kecil bermain sendirian di halaman rumah.

Pabrik Jamur Cangar

Saat pagi hingga sore hari, liburan ke kawasan Cangar memang menyenangkan. Ketika malam hari, suasana menjadi kelam karena kurangnya pencahayaan. Di samping itu, ada pula pabrik usang yang ditinggal pengelolanya.

Suasananya tampak mistis, sehingga menimbulkan rasa takut tersendiri. Meski demikian, tempat ini jadi favorit para fotografer untuk mengabadikan foto dengan latar bintang-bintang.

Museum Brawijaya

Berada di atas lahan seluas 10.500 meter persegi, Museum Brawijaya dibangun pada 1967. Diresmikan setahun kemudian, terdapat banyak koleksi yang masih terjaga baik di sini. Seperti tank, gerbong maut, perahu segigir, senjata api, peta penugasan pasukan Brawijaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 14.30, museum ini difungsikan sebagai sarana rekreasi dan edukasi di tengah kota. Namun, karena banyaknya benda bersejarah, tak jarang ada yang tertarik untuk jerit malam atau “uji nyali” di sini.

Kategori
Misteri

Tempat Angker Malaysia yang Tidak Kalah Seram

Tempat Angker Malaysia yang Tidak Kalah Seram

Tempat Angker Malaysia yang Tidak Kalah Seram, – Kebiasaan mempercayai hal-hal mistis belum bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Terbukti masih ada sebagian masyarakat yang kerap menghubungkan keberadaan tempat-tempat tertentu dengan kisah-kisah menyeramkan.

Contohnya, cerita mengenai keberadaan pasar gubrah atau pasar gaib di Gunung Merapi, Jawa Tengah yang dipercaya sebagai pasarnya makhluk halus. Atau cerita tentang Lawang Sewu yang kerap menimbulkan berbagai spekulasi mistis di masyarakat.

Ada juga cerita tentang Tongkonan, tradisi pemakaman masyarakat Toraja yang esktrem dan meninggalkan kesan ngeri. Cerita-cerita mistis tersebut telah ada sejak berpuluh bahkan beratus-ratus tahun lalu dan tersiar secara turun temurun hingga bertahan sampai sekarang.

Menariknya, kepercayaan pada hal-hal mistis yang dikaitkan dengan keberadaan suatu tempat ini tak hanya terjadi di Indonesia lho. Fenomena sosial semacam ini pun terjadi dalam masyarakat di berbagai belahan dunia.

Kalau kita mau mencermati, di luar negeri pun banyak tempat wisata yang dikaitkan dengan keberadaan makhluk gaib atau hal-hal mistis. Seperti salah satu tempat di Negeri Jiran ini.

Kalau kamu cukup bernyali dengan tempat-tempat angker di Indonesia, mungkin itu pertanda bahwa sudah waktunya melancong ke Malaysia. Sama seperti Indonesia, Malaysia juga memiliki banyak lokasi angker yang menjadi perbincangan masyarakatnya.

Karak Highway

Jalan raya Karak atau Karak Highway adalah salah satu tempat berhantu paling terkenal di Malaysia. Jalan ini menghubungkan Genting Highlands dengan Cameron Highlands, dua tujuan wisata paling terkenal.

Jalan yang panjang dan berliku ini menjadi saksi banyaknya kecelakaan. Beberapa orang menyebutkan di sini kerap muncul penampakan sosok bocah lelaki yang mencari ibunya. Selain itu, ada pula mobil Volkswagen kuning tanpa sopir yang terus-terusan berbaris di jalanan.

Pudu Jail

Penjara memiliki sejarah tersendiri, begitu pula roh yang terjebak dan tidak bisa ke mana-mana. Penjara ini dibangun pada masa penjajahan Inggris yang mengurung lebih dari 2.000 tahanan perang selama Perang Dunia II.

Beberapa pengunjung mengaku mengalami hawa panas dan dingin yang tidak wajar saat berada di penjara ini. Ruang eksekusi seolah-olah terdengar suara orang menjerit padahal kosong.

Shih Chung Branch School

Bangunan bekas sekolah ini “ternoda” oleh sisa-sisa penyiksaan yang ditimbulkan selama Perang Dunia II. Berubah menjadi gedung administrasi militer oleh Jepang, tempat ini malah menjadi rumah jagal.

Kini bangunan ini terbengkalai dan membuat ngeri ketika kita mengunjunginya. Beberapa pengunjung mengaku mendengar suara histeris yang tak tahu dari mana dan melihat penampakan tentara Jepang.

99-Door Mansion

Bangunan ini memang mirip rumah horor terkenal Winchester House di Amerika. Setelah ditempati keluarga kaya, rumah besar ini ditinggalkan selama 50 tahun terakhir sejak terjadi pembunuhan yang mengerikan.

Dikabarkan seorang dukun menggunakan rumah tua ini menjadi tempat ritualnya. Bangunan ini terletak di tengah-tengah perkebunan sawit dan disebut-sebut telah dikutuk.

Villa Nabila

Buat kamu yang suka nonton film horor, lokasi ini sempat diangkat ke layar lebar dengan judul Villa Nabila pada 2015. Menurut legenda, seorang pembantu membunuh semua anggota keluarga yang tinggal di vila ini karena merasa cemburu.

Pelaku kemudian mengubur tubuh para anggota keluarga di vila ini. Namun, para penyidik tidak menemukan mayatnya hingga saat ini. Vila ini kembali ramai diperbincangkan pada 2013 karena sekitar 23 remaja dilaporkan hilang di sini.

Kategori
Misteri Spiritual

Kutukan Pengantin yang Buang Hajat Sembarangan

Kutukan Pengantin yang Buang Hajat Sembarangan

Kutukan Pengantin yang Buang Hajat Sembarangan – Ritual kejawen berupa kenduri untuk prosesi pemindahan petilasan watu penganten (batu pengantin) di Padukuhan Semampir, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop telah selesai digelar pada Kamis siang. Bersamaan dengan itu pula, dilakukan pemecahan batu secara simbolis. Yang cukup unik, setelah sebelumnya tak ada yang berhasil memecahkan batu tersebut, terjadi hal yang berbeda pasca ritual kejawen dilakukan. Terlihat betapa mudahnya alat berat membelah beberapa sudut batu tanpa mengalami kendala. Sebelumnya, setiap alat berat yang hendak memecah batu tersebut mendadak mogok. Hal ini menyebabkan sejak beberapa waktu terakhir, proses pembangunan JJLS di kawasan tersebut mandheg.

Perwakilan dari Keraton Ngayogyakarta, GRM Raden Mas Hertriasning menjelaskan, Watu Penganten adalah salah satu tetenger (tanda) yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Dalam cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi, mengungkapkan bahwa di bawah batu tersebut ada dua orang calon pengantin yang meninggal dunia akibat tertimpa longsoran batu saat berteduh.

Watu Nganten, begitu masyarakat Dukuh Ngelobener Blora menyebutnya. Seonggok batu di bawah pohon tua itu menjadi tempat keramat bagi warga sekitar. Ada cerita menarik soal batu keramat tersebut.

Supardi (74), sesepuh Dukuh Ngelobener kepada tim Liputan6.com menceritakan, keberadaan batu yang berimpitan dengan pohon tua di tengah desa itu bukan tanpa sebab.

Dahulu, katanya, ada sepasang suami istri yang baru menikah dikutuk menjadi batu lantaran buang hajat sembarangan. Si laki-laki merupakan pemuda Dukuh Ngelobener dan perempuannya dari Desa Brumbung.

“Tapi kok ya dulu orangtua saya tidak bilang namanya itu siapa, ya saya tidak tahu. Sebenarnya saya ingin tahu, tapi waktu itu saya tidak kepikiran. Zaman dulu saya masih kecil. Jadi ya tidak mengurusi hal-hal seperti itu,” ungkap Supardi.

Mbah Supardi lebih jauh menceritakan, usai menikah pasangan pengantin baru itu mulanya hendak pergi ke rumah orangtuanya menggunakan kuda. Di tengah jalan, katanya, yang kondisinya masih hutan dan belum ramai seperti sekarang, tiba-tiba si pengantin pria tak tahan buang air besar.

“Si pengantin laki-laki itu tak tahu kalau sudah buang air besar di tempat angker,” katanya.

Penunggu Marah

Supardi mengatakan, perbuatan sepasang pengantin itu membuat makhluk gaib murka lantaran telah mengotori tempatnya. Apalagi keduanya melakukan perbuatan itu tanpa permisi. Sepasang pengantin itu pun terkutuk menjadi batu.

Kuda lalu meneruskan perjalanannya sendiri. Sampai di rumah, kedua orangtuanya heran, dan bertanya kepada kuda kemana anak dan menantunya. Kuda pun mengantarkan orangtuanya itu ke suatu tempat, namun yang didapati hanyalah seonggok batu yang berimpitan dengan pohon besar.

Sejak saat itu, kata Supardi, ada pantangan tidak boleh menikahkan orang Dukuh Ngelobener dengan orang Desa Berumbung. Batu itu pun dianggap punden oleh warga sekitar dengan sebutan Watu Nganten. Dikeramatkan dan jadi lokasi orang-orang memberi sedekah bumi.

Kategori
Misteri Spiritual

Tempat Paling Angker di Medan

Tempat Paling Angker di Medan

Tempat Paling Angker di Medan – Medan dikenal sebagai salah satu kota paling besar di Indonesia. Di kota ini keragaman suku bangsa berbaur menjadi satu. Sebut saja suku Batak, Cina, Jawa, dan Melayu. Mereka tinggal berdampingan dan membangun Medan menjadi kota yang lebih baik.

Oh, ya ngomong-ngomong tentang Medan. Tak ada salahnya juga kita bahas tempat-tempat yang ngeri bin angker. Mari kita lupakan sejenak wisata kuliner dan alamnya. Mari menjelajah wisata mistik di Medan yang bisa bikin kita merinding. Mau coba?

1. Kampus USU Pintu IV

Kampus USU atau Universitas Sumatra Utara, adalah sebuah kampus negeri terbesar di provinsi ini. Banyak sekali mahasiswa dari penjuru Sumatra hingga beberapa wilayah Indonesia yang menimba ilmu di kampus yang konon juga serem dan banyak hantunya.

Pintu IV dikenal banyak sekali pohonnya. Banyak orang beranggapan jika pohon besar itu adalah sarang hantu. Jika habis magrib anda ke sana, maka suasana mencekam akan langsung terasa.

Jika anda pria maka hantu wanita berbaju merah kadang nampak. Bahkan kadang naik ke atas boncengan motor. Serem banget kan? Kalau enggak percaya boleh coba ke sana.

2. Kuburan Depan SMA Sutomo 1

Banyak orang yang mengatakan jika kuburan di depan SMA Sutomo 1 sangat angker. Sering sekali ada penampakan makhluk aneh di tempat ini.

Di malam hari suasana di area makam sangat mencekam meski berada di tengah kota. Saat ini kuburan ini masih menyimpan misteri meski tak sebanyak dahulu. Hal ini terjadi karena area kuburan adalah area macet. Mungkin hantunya sudah mengungsi, kata beberapa warga lokal.

Dahulu saat pagi hari, kuburan ini selalu mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bukan bau wangi khas bunga yang ada banyak di setiap kuburan. Jika Anda penyuka wisata mistik, tak ada salahnya menengok ke tempat ini. Siapa tahu anda bisa bertemu dengan penghuninya.

3. Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie adalah seorang pedagang dari China yang membangun usaha di Medan. Ia membuat usaha perkebunan hingga memiliki 10.000 karyawan.

Kehebatan yang dimiliki oleh Tjong A Fie membuatnya sangat dihormati oleh orang Medan, Sultan Deli, hingga para petinggi Belanda yang kala itu masih berkuasa. Meski kaya raya dan punya kedudukan tinggi ternyata Tjong A Fie suka memberikan sebagian hartanya kepada masyarakat.

4. SUN Plaza

SUN Plaza adalah sebuah pusat perbelanjaan yang sangat besar. Bangunan ini memiliki sekitar 6 lantai yang menjual aneka kebutuhan masyarakat. Usut punya usut ternyata mall yang banyak dikunjungi orang ini berhantu. Hal ini terjadi sejak ada peristiwa bunuh diri di tahun 2006 silam.

Seorang wanita nekat terjun dari lantai 4 dan akhirnya meninggal dunia di tempat. Selain itu pada tahun 2014 silam juga ada satpam yang tewas ditikam di dalam kamar mandi. Hal ini menambah sederetan cerita kelam di mall ini.

Saat malam hari banyak pengunjung atau pun satpam yang merasa diikuti seseorang. Selain itu juga sering terdengar suara-suara aneh seperti orang kesakitan.

Warga sekitar meyakini jika hantu yang sering mengganggu itu berasal dari korban bunuh diri. Ia bernama Rita Wongso yang rela terjun karena merasa depresi dengan nasib keluarganya.

5. Asrama Putri SMA Katolik Cahaya

SMA Katolik Cahaya adalah sebuah SMA yang terletak di Jalan Hayam Wuruk Medan ini ternyata juga dikenal angker. Bagian paling banyak penampakannya terletak di bagian Asrama Putri.

Di bangunan yang dikhususkan untuk tempat tinggal ini memiliki kisah yang ngeri dan sering dialami oleh siswi dan juga warga yang kebetulan lewat.

Dikabarkan sering ada penampakan anak kecil yang dengan baju putih berdiri di atap asrama. Kemungkinan anak ini berusia 7 tahun. Padahal asrama ini berisi anak SMA yang notabene sudah besar-besar.

Dan lagi anak itu sering muncul dan menghilang begitu saja. Cerita ini sering menyebar ke beberapa siswi dan orang yang sering lewat sana.

Kategori
Misteri Spiritual

TEMPAT PALING ANGKER DI BALI

TEMPAT PALING ANGKER DI BALI

TEMPAT PALING ANGKER DI BALI – Bali memang terkenal dengan wisata budaya serta keindahan alamnya sehingga disebut Paradise Island.

Bali memang menjadi salah satu Pulau yang padat dengan wisatawan di Bali, nah siapa sangka di bali selain menyuguhkan pemandangan wisatanya yang indah, ternyata Bali juga memiliki beberapa tempat-tempat angker yang memiliki cerita dan sering sekali membuat bulu kuduk berdiri.

Kuil Pemuteran Bawah Laut

Kuil ini memang sangat unik karena terdapat di dasar laut yang berada di Desa Pemuteran, kuil ini memang terlihat seram, dan sering sekali penyelam melihat hantu air saat meneyelam di area kuil bawah laut ini guys, jika anda takut dengan hantu laut sebaiknya jangan pernah menyelam di tempat ini ya.

Jika anda pemberani maka datanglah ke Kuil Pemuteran Bawah Laut untuk merasakan suasana seram di lokasi ini.

Kapal Ho Tsai Fa No. 18

Kapal ini adalah kapal terdampar yang ditemukan di salah satu pantai di Bali yang bernama Pantai Padang-padang, Kapal ini di temukan oleh masyarakat setempat dengan kondisi tanpa kapten dan satu awak kapal pun guys, kebayang donk gimana aneh dan seramnya kapal terdampar ini?

Saat ini kapal sudah di angkat, namun meski sudah di angkat suasana seram itu masih terasa saat berada di Pantai Padang-padang.

Bangkai Kapal Tenggelam

Kapal tenggelam ini adalah kapal perang yang di miliki oleh pemerintah Amerika saat perang dunia kedua, Kapal ini tenggelam dan masih menyimpan misteri guys. karena kapal ini tenggelam di bawah laut sehingga kapal ini juga di huni oleh ratusan ikan lucu, membuat lokasi kapal tenggelam ini dijadikan tempat untuk menyelam.

Jika anda penakut sebaiknya tidak usah mencoba menyelam disini karena nuasa seram yang ada disini sangat seram, gelap, dan mencengkram.

Pantai Padang Galak

Pantai ini memang memiliki keindahan, namun tempat ini terkenal dengan penunggu dewi yang biasnaya membuat orang yang berenang disini tiba-tiba hilang, jika orang yang hilang disini di percaya akan menjadi bawahan dewi penjaga pantai padang galak. Ombak dari pantai Padang Galak ini sangat besar bahkan akhir-akhir ini sering sekali paus terdampar.

Taman Festival

Taman Festival ini memang tidak terurus dan tidak pernah selesai dibangun. sampai saat ini bangunan ini tidak pernah dikunjungi karena tempat ini memiliki suasana angker dan dulunya ada seorang yang menjadikan tempat ini untuk memelihara buaya, namun seramnya buaya yang ada disini saling memakan satu sama lain atau disebut kanibal. meski saat ini sudah tidak lagi ada buaya, anda tetap waspada saat berada di Taman Festifal karena tempat ini dipercaya memang sangat angker dan sering terjadi penampakan.

Gimana guys 10 tempat angker diatas bikin merinding kan? nah kalo kalian pengen melihat bagaimana suasana sebenarnya langsung aja datang ke tempat-tempat angker yang ada disana, tapi untuk resiko nya kalian yang nanggung ya guys, saya gak benai nangung karena tempat yang ada diatas memang di percaya angker, dan memiliki mahluk yang tak kasat mata… Jika anda suka dengan cerita-cerita mistis maka jangan lewatkan artikel saya ya. semoga artikel saya ini cukup membuat anda terhibur dan mendapat pengetahuan baru.

Kategori
Misteri

Inilah mitos dari reog ponorogo yang sudah mendunia

Mitos reog ponorogo

Inilah mitos dari reog ponorogo yang sudah mendunia – Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dari berbagai daerah. Reog Ponorogo yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan salah satu bukti kekayaan Indonesia yang berhasil mendunia dalam seni tari. Topeng harimau yang dihiasi dengan keindahan bulu merak ini menjadi ciri khas tersendiri. Hal ini membuat setiap penonton kagum namun penasaran. Di balik kehebatan Reog Ponorogo yang terkenal ini ternyata masih menyisakan hal-hal mistis yang mungkin belum banyak diketahui orang awam. Nah, berikut ini rangkuman tentang mitos yang telah beredar tentang Reog ponorogo.

Tentang reog ponorogo

Banyak versi tentang mitos Reog Ponorogo, salah satunya yang paling di kenal adalah versi dari Ki Ageng Kutu. Konon berdasarkan versi ini Reog Ponorogo adalah sebuah bentuk sindiran untuk seorang Raja Majapahit. Berdasarkan rumor yang beredar Reog ini pertama kali ditemukan oleh seorang pejabat pada Kerajaan Majapahit, Ki Ageng Kutu. Ki Ageng merasa dirinya kecewa pada sang raja yang saat itu sedang menjabat bernama Bhre Kertabhumi sekitar abad ke-15. Menurut Ki Ageng ia merupakan seorang raja yang tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang tegas.

Kemudian Ki Ageng menyusun rencana untuk memberontak sang raja dengan mengajarkan ilmu kanuragan di padepokannya. Ternyata siasat Ki Ageng itu sudah diketahui oleh sang raja dan melarang hal tersebut. Ki Ageng tahu bahwa ia dan pasukannya tak akan menang melawan sang raja. Kemudian Ki Ageng menciptakan Reog dan Warok sebagai sebuah kesenian berbentuk sindiran kepada raja. Meskipun hal ini sudah sempat dilarang oleh sang raja, tapi para prajurit Ki Ageng tetap mempelajarinya secara diam-diam hingga kesenian tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat.

Dadak Merak atau Singobarong yang menjadi ikon utama pada Reog ini selalu membuat kagum penontonya. Topeng yang beratnya diperkirakan bisa lebih dari 50 kg ini adalah topeng terbesar dan terberat yang ada di dunia. Setiap orang yang akan bermain di balik topeng tersebut biasanya akan melakukan ritual khusus dan juga latihan yang rutin untuk bisa mengangkat topeng tersebut hanya dengan gigi.

Ritual khusus yang dilakukan inilah yang sangat kental dengan aura mistis. Ada salah satu versi yang mengatakan kalau Singobarongan ini adalah wujud dari dua binatang yaitu harimau dan burung merak yang menjadi satu karena persyaratan dari Dewi Songgolangit saat akan menerima lamaran dari sang Prabu Klono Sewandono. Namun hal yang terpenting dalam Singobarongan ini menyimbolkan sebuah kekuatan terbukti melalui pembarong (orang yang memainkan topeng Singabarongan).

Terlepas dari beragam mitos dan kisah dari berbagai versi yang beredar. Reog Ponorogo merupakan sebuah warisan leluhur yang membuat bangsa ini kaya akan budaya yang harus kita terus lestarikan. Untuk memainkan Reog ini juga tak sembarangan orang bisa. Meskipun sangat kental dengan aura-aura mistis tapi Reog mampu memukau seluruh dunia.

Kategori
Misteri Religion

Wisata Religi Jambi Bukit Lupo

Bukit Lupo – Di provinsi Jambi, tak henti-hentinya memunculkan berbagai bentuk destinasi objek wisata baru. Mulai dari wisata alam hingga wisata religi pun ada di daerah tersebut.

Dimana dari banyak wisata tersebut, kembali muncul destinasi objek wisata religi budaya dan sejarah. Tepatnya di desa Batin Pengambang. Masyarakat setempat menyebutnya Bukit Lupo yang merupakan peristirahatan terakhir nenek moyang simulo jadi yang dipercaya merupakan nenek moyang dari mereka semarga Batin Pengambang.

Baca Juga: Tempat Mistis di Surabaya, Tertarik untuk Kesana?

Dikategorikan sebagai wisata religi budaya dan sejarah, karena disitu memang mengandung unsur kebudayaan dan sejarah Marga Batin Pengambang serta dianggap berbau mistis. Gatra berkesempatan melakukan kunjungan ke lokasi tersebut pada Sabtu (20/6). Untuk menuju lokasi tersebut dari pusat kota Kabupaten Sarolangun berkisar 120 Km, perjalanan menggunakan kendaraan roda empat memakan waktu sekitar lebih kurang 4 Jam.

Selanjutnya dari pemukiman warga ke puncak Bukit Lupo berjarak lebih kurang 2 km, dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan medan jalan mendaki.

Ketika tiba di puncak bukit tersebut, Anda akan disuguhkan pemandangan alam dengan cuaca dingin dan berbagai pepohonan hijau yang rimbun, dari ketinggian akan terlihat hamparan pemukiman warga desa setempat, sungai Batang Asai dan lahan pertanian padi sawah milik warga.

Sejarah Singkat Bukit Lupo dan Nenek Moyang Semulo Jadi

Kepala Desa Batin Pengambang, Asrin kepada Gatra menceritakan bahwa bukit tersebut dahulu kala menjadi tempat banyak orang untuk bertapa meminta sesuatu atau ketika ada hajatan tertentu mereka meminta restu ke bukit tersebut.

“Dan memang sering terkabulkan apa yang menjadi hajatan bagi yang meminta, berkat izin Allah,swt tuhan yang maha esa melalui perantara nenek moyang semulo jadi,” katanya.

Asrin menyebut, asal muasal disebutkan sebagai bukit lupo. Bahwa pada zaman dahulu kala sekitar ratusan tahun yang lalu, bukit lupo merupakan tempat peristirahatan Nenek Moyang Semulo Jadi, tempat itu dijadikannya sebagai tempat untuk memantau perkembangan dan situasi di dalam dusun dari jajahan musuh yaitu penjajah Belanda.

Dalam persitirahatan Nenek Moyang Semulo Jadi diatas tersebut. Di setiap hari Jumat warga setempat selalu mengunjunginya untuk menghantarkan makanan.

Namun pada suatu kesempatan seiring berjalannya waktu para warga tersebut lupa, sehingga pada saat itu muncullah nama Bukit Lupo.

Sementara itu, untuk nama Nenek Moyang Semulo Jadi itu sendiri karena diketahui pada waktu itu beliau ini dikenal sakti, bisa berubah menjadi berbagai bentuk untuk menaklukkan musuh-musuh yang berniat jahat kepadanya maupun daerah kekuasaannya.

Dari hal tersebut, kata Asrin menurut kepercayaan masyarakat setempat secara terun temurun bahwa hingga saat ini Nenek Moyang Semulo Jadi masih dianggap hidup dan masih ada pengaruhnya terhadap situasi daerahnya.

“Karena memang tidak pernah kami ketahui bahwa ia meninggal, dan informasi tersebut kami dapatkan turun temurun dari setiap generasinya, yang kami percaya itu bahwa kalau menghilang iya,” kata Asrin.

Cerita awal menghilangnya Nenek Moyang Semulo Jadi ini berawal dari lupanya masyarakat setempat untuk mengunjunginya.

Pada saat itu diatas bukit tersebut nenek moyang semulo jadi dalam posisi duduk ditempat seperti bakul (wadah). Ia pada saat itu mengecil dan akhirnya menghilang dan tidak pernah dianggap meninggal karena memang tidak ditemukan jasadnya diatas tersebut.

Upaya Melestarikan Objek Pariwisata

Gatra didampingi oleh penggiat wisata Kabupaten Sarolangun dan Kecamatan Batang Asai pada saat perjalanan tersebut, yakni Suryadi dan Ardiansyah. Mereka mengatakan bahwa upaya melestarikan dan eksplor berbagai objek pariwisata daerah setempat terus mereka gerakkan.

Upaya tersebut mereka lakukan agar kemudian bisa mendorong masyarakat untuk terus peduli. Bahwa pariwisata tidak sekedar persoalan rekreasi semata namun juga sebagai penopang tumbuhnya berbagai potensi lain, salah satunya soal perekonomian.

“Hal inilah yang ingin terus kami dorong, bagaimana kemudian masyarakat bisa termotivasi. Bahwa ada sumber kehidupan di pariwisata,” kata Suryadi kepada Gatra.

Suryadi berkeinginan dengan demikian geliat pariwisata didaerah tersebut terus tumbuh. Sehingga bermunculan dari inisiatif masyarakat itu sendiri, dan Pemerintah pasti akan terlibat dalam upaya pengembangannya.

Dari apa yang ada di Kecamatan Batang Asai ini, terutama Desa Batin Pengambang dengan berbagai potensinya. Pihaknya akan mendorong untuk membuat kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Agar pendataannya tersistematis sehingga tidak sulit ketika membutuhkan dana atau anggaran untuk pengembangannya.

“Karena untuk menarik anggarannya memang dibutuhkan Pokdarwis tersebut. Agar objek wisata mereka mudah untuk pengembangannya ketika kita bicara anggaran,” kata Suryadi.

Kategori
Misteri Spiritual

Tempat Mistis di Surabaya, Tertarik untuk Kesana?

Tempat Mistis di Surabaya

Tempat Mistis di SurabayaSurabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki banyak sekali tempat-tempat yang bisa untuk dikunjungi, baik untuk warga setempat ataupun para wisatawan.

Baca juga : 5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

Mulai dari tempat bersejarah hingga mistis dapat ditemui di Kota Pahlawan ini. Berikut adalah lima tempat angker dan mistis di Surabaya, Jawa Timur yang bisa dikunjungi untuk para pemilik nyali besar, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber oleh Liputan6.com:

Pintu Air Jagir

Pintu Air Jagir sudah dikenal memiliki nuansa mistis di tengah masyarakat Surabaya. Mengutip berbaga sumber, bangunan ini sudah dibangun sejak 1917 oleh pemerintah kolonial Belanda.

Dahulu, bangunan ini difungsikan untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi di Surabaya kala itu. Pintu air ini terletak di Jalan Jagir, Kelurahan Jagir, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, di sana terdapat buaya putih dan sering meminta tumbal. Walau begitu, sampai sekarang pintu air ini masih berfungsi dengan baik sebagai pengendali banjir Surabaya.

Rumah Hantu Darmo

Rumah Hantu Darmo adalah rumah mewah berlantai tiga yang berlokasi di Jalan Puncak Permai II nomor 26, Sukomanunggal, Surabaya. Dari cerita yang beredar di masyarakat, rumah ini adalah rumah hasil pesugihan. Dahulu, keluarga yang menempati rumah tersebut, mendapatkan kekayaannya dengan syarat memberikan tumbal dan sesajen.

Suatu saat, keluarga tersebut tidak ingi nmemberikan tumbal dan sesajen lagi. Mereka pun melarikan diri melalui jalur laut dengan anggapan akan menghentikan kutukan. Naas, para hantu menenggelamkan kapal yang ditumpangi dan membuat satu keluarga meninggal.

Diketahui kedua penjaga rumah itu juga tewas terbunuh dan kasusnya tidak pernah terungkap. Kabarnya, kedua penjaga itu tewas karena mereka dijadikan sebagai pengganti tumbal yang belum dibayar.

Anda berani menginap di sana?

Penjara Kalisosok

Penjara ini sudah memiliki umur kurang lebih 200 tahun. Tepatnya pada 1 September 1808, Penjara Kalisosok dibangun saat kepemimpinan Herman Williem Daendels. Mengutip dari akun Instagram @lovesuroboyo, banyak pejuang Indonesia yang pernah merasakan masa kelam di penjara ini, seperti Soekarno dan WR. Soepratman.

Konon, penjara ini tidak hanya digunakan untuk mengurung, melainkan juga menyiksa para tahanan. Walaupun kapasitasnya hanya 20 orang, kala itu satu ruangan dipaksa agar mampu ditempati 90 orang. Tempatnya yang sempit, gelap, dan pengap membuat suasana penjara ini semakin seram. Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, banyak orang sering mendengar teriakan dari penjara ini.

Penjara Kalisosok Surabaya menjadi salah satu penjara yang paling angker di Indonesia. Walaupun begitu, Penjara Kalisosok sudah termasuk Cagar Budaya tipe B yang harus dilindungi pemerintah.

Kategori
Misteri

5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding, – Hutan merupakan paru-paru bumi yang menyimpan berbagai misteri. Di Indonesia  sendiri, masih banyak  hutan  yang beridiri dengan sejuta misteri di dalamnya.Buat kamu yang suka dengan cerita-cerita serem, langsung aja deh nih simak lima  hutan  terseram di  Indonesia .

1. Hutan Roban – Jawa Tengah

1878717714 - 5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

Kalau kita berencana menuju Jawa Tengah lewat jalan biasa, biasanya banyak orang melewati Hutan Roban.sudah banyak banget cerita menyeret soal hutan ini, terutama di malam hari!

Bahkan, cerita buruk ini sudah ada sejak Indonesia masih dijajah. Waktu itu Daendels berniat membuat jalan di hutan ini. Sayangnya, banyak orang yang harus meninggal dalam proses pembuatannya.

Ada begitu banyak rumor soal Alas Roban, dan salah satu yang paling terkenal di antaranya adalah cerita tentang tempat ini yang katanya dijadikan lumbung pembuangan mayat. Kamu pasti pernah mendengar Petrus alias Penembak Misterius itu, kan? Konon katanya, mayat-mayat korban Petrus itu dibuang di sini loh guys.

2. Hutan Gunung Semeru – Jawa Timur

637264081 - 5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

Kamu pasti tahu dong Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur? Gunung ini memang sering banget dijadikan tempat pendakian.

Namun, hutan di gunung ini juga dikenal gaib dan misterius.setiapingguan pendaki yang menuju Gunung Semeru bakalan hilang tanpa jejak.Ada juga daerah Kelik. Pendaki yang melewati tempat ini bisa aja terjatuh, hilang, atau tersesat.

Secara keseluruhan juga banyak pendaki yang kesurupan di hutan ini, lho! Sayangnya, hampir setiap tahun, gunung ini selalu meminta korban. Ada saja pendaki yang hilang di kawasan hutan. Banyak orang menduga bahwa gunung itu tidak suka dengan pendaki yang melakukan hal-hal negatif di dalam hutan. Akhirnya mereka dibuat kebingungan dan akhirnya hilang.

3. Hutan Purwo – Jawa Timur

1739947764 - 5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

Hutan Purwo atau yang lebih dikenal dengan nama Alas Purwo adalah hutan yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Konon katanya, kebanyakan orang yang berani masuk ke hutan ini bakalan menghilang tanpa jejak dan enggak bisa kembali lagi. Kalaupun mereka bisa kembali, mereka bakalan tertimpa musibah kemalangan atau kecelakaan!

Bahkan dulu Presiden Soekarno pernah bertapa di salah satu gua, yaitu Gua Istana untuk berbicara dengan Penguasa Pantai Selatan, lho! Sampai sekarang, pada tanggal 1 Suro atau tahun baru Jawa, banyak orang yang berbondong-bondong ke sana untuk bertapa atau mencari wangsit!

4. Hutan Paloh – Kalimantan Barat

1553643845 - 5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

Sebagian masyarakat lokal, Hutan Paloh sering disebut sebagai tempat kerajaan gaib. Mereka memercayai setiap malam

Kalaupun ada manusia masuk, dipastikan mereka enggak bakalan bisa keluar lagi, deh!

Tahun 1970an pernah terjadi kejadian pesawat TNI terjatuh di hutan ini. Namun, yang membuat sulitnya bangkai, pesawatnya enggak bisa ditemukan hingga saat ini. Saat dilakukan penyisiran, tak ditemukan sama sekali bangkai pesawat. Warga sekitar menduga bahwa pesawat itu masuk ke dunia parah makhluk halus untuk dijadikan tumbal.

Semenjak kejadian lenyapnya pesawat milik TNI AU tersebut, makhluk halus Negeri Paloh lebih sering menampakkan diri. Terang saja hal tersebut membuat penduduk gempar. Namun, penampakkan tersebut bukan dalam bentuk yang bikin kita ambil langkah seribu. Penduduk sekitar seringkali melihat adanya sebuah kota modern yang muncul di tengah-tengah hutan belantara. Biasanya pada waktu-waktu tertentu mereka juga sering tiba-tiba mendengar keramaian seperti keadaan di sebuah kota besar.

5. Hutan Halimun Salak – Jawa Barat

225520129 - 5 Hutan Paling angker di indonesia yang membuat merinding

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Salak? Kamu yang berada di Pulau Jawa, khususnya Jakarta, dan Jawa Barat pastinya tahu tentang gunung yang menjulang indah ini. Secara administratif, Gunung Salak masuk ke dalam dua wilayah yaitu Bogor dan Sukabumi.

Di hutan ini, ada beberapa bangunan Pura yang dibangun untuk menghormati Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran. Banyak orang percaya kalau hutan ini masih ditinggali sebagai pedagang gaib, sisa prajurit Prabu Siliwangi.

Yang bikin makin merinding, sudah ada 7 kecelakaan pesawat yang terjadi di hutan ini, yaitu di tahun 2002, 2003, 2004 dua kali, 2008 dua kali, dan terakhir adalah pesawat Sukhoi Superjet 100 di tahun 2012!